10 cara praktis untuk menghadapi keberatan calon pembeli

Posted on

Ketika anda menawarkan produk anda, ada calon pembeli yang langsung melakukan kesepakatan dan ada pula yang melakukan penolakan, namun sebelum melakukan penolakan tersebut biasanya anda dapat melihat ada tanda tanda keberatan dari pembeli. Ada 10 cara praktis untuk menghadapi keberatan calon pembeli. Ketika anda melihat tanda-tanda keberatan tersebut.anda harus usahakan sebisa mungkin dapat menguasai diri. Jangan terlalu cepat emosi dan jangan memperhatikan ketidak senangannya dalam menghadapi dan mengatasi keberatan pelanggan. Didalam menghadapinya kita dapat mengajak calon pembeli berbicara, kemudian kita dengarkan keberatan dan keluhan pelanggan tersebut, ajukan beberapa pertanyaan kemudian anda baru bisa mempengaruhi dengan anjuran dan masukan.

10 Cara praktis untuk menghadapi keberatan calon pembeli

1. Penjual harus mengetahui bentuk keberatan yang diajukan pelanggan dengan cara mendengar secara baik-baik keberatan yang diajukan.. Berusahalah tetap ramah dalam menghadapi sikap pelanggan.
2. Penjual harus mau mendengarkan baik baik keberatan itu dan jangan memotong pembicaraan, penjual harus selalu menjauhkan diri dari pertengkaran
3. Penjual dapat mengulangi segala keberatan pelanggan dengan bahasa sendiri
4. Usahakan agar calon pembeli mengetahui akan keberatan penjual
5. Kemudian Penjual dapat menjawab keberatan calon pembeli tersebut
6. Jika calon pembeli mengajukan keberatan yang bersifat umum , jawablah dengan menunjukan ciri dan spesifikasi barang tersebut. ( pengetahuan produk)
7. Jangan menganggap keberatan calon pembeli itu salah, setiap ada keberatan penjual harus menanggapi dengan senang hati, caranya kita dapat mengajukan pertanyaan. adapun alasan utama adanya pertanyaan adalah jika diucapkan dengan nada suara rendah tempo yang agak lambat dan tidak menggambarkan sikap menyangkal.
8. Ulangi keberatan yang diajukan pelanggan secara pelan tapi yakin bahwa segala keberatan dapat diatasi.
9. Tunjukan penghargaan kepada pelanggan atas keberatan yang telah disampaikan dan berilah kesempatan kepada pelanggan untuk menyampaikan harapannya.
10. Sampaikan gambaran alternatif pemecahan yang akan dilakukan terhadap keberatan yang disampaikan pelanggan.

 handlobjdiagr

Dan apabila para pembeli tetap keberatan maka para penjual bisa mencoba hal-hal berikut:
• bisa menolak pendapat pembeli langsung “saya sama sekali tidak sependapat dengan tuan karena….”
• menolak dengan metode bumerang seperti “coba buktikan dulu…”
• menggunakan metode konpensasi “tetapi barangnya sangat lengkap, modelnya mutakhir dan memiliki keistimewaan…”
• bila memang perlu menjawab keberatan pembeli. teknik yang dipergunakan dapat juga dengan mengembalikan keberatan contoh: “ya, tetapi…” atau “mengapa begitu… ” kalau tidak salah tangkap dari pembicaraan tuan hendak crang ini bukan? kalimat “dari pembicaraan tuan” adalah kata kata pembuka jalan, dengan adanya kata buka jalan ini penjual akan memaksa untuk menemukan kembali keinginan yang telah diajukan pembeli.

semoga 10 cara praktis untuk menghadapi keberatan calon pembeli, dapat membantu anda dalam memnutup kesepakatan pembelian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *