Metode Pendidikan di tengah keluarga

Posted on

Di dalam keluarga anak belajar banyak tentang norma dan nilai,jika dibandingkan dengan sekolah dan masyarakat. kedudukan keluarga sebagai lembaga pendidikan lebih essensial, sehinga metode pendidikan di tengah keluarga adalah hal yang sangat penting perlu diperhatikan. hal ini terbukti sebagai keberadaan keluarga sebagai lembaga pendidikan pertama yang bisa mempengaruhi anak.

Di tengah-tengah keluarga, orang dewasa menjadi guru bagi anak-anak. Ayah, Ibu, Kakak danbahkan pembantu runmah tangga adalah guru yang akan mempengaruhi keadaan anak-anak baik bagi pskiologinya maupun intelektualnya. diatara semua guru di dalam keluarga, ibu adalah sosok mahaguru, sumber pendidikan utama bagi anak-anak, segaa sesuatu yang diberikan ibu menjadi media pembelajaran yang membentuk tata nilai dalam diri anak.

metode pendidikan di tengah keluarga
metode pendidikan di tengah keluarga

seorang ibu harus menjadi profesional dan mengetahui

metode pendidikan di tengah keluarga.

ibu yang mengetahui banyak metode pendidikan akan memiliki metode variatif sehingga lebih fleksibel dalam mendidik anak, membangun hubungan ynag sangat baik selama proses pendidikan, sehingga nilai-nilai yang ingin ditanamkan ke dalam diri anak akan sangat mudah meresap.

Banyak ibu-ibu masa kini yang telah kehilangan visi dalam membangun dan mendidik keluarganya. ibu-ibu telah banyak merasa kewajiban mendidik anaknya telah dipindahkan kepada guru sekolah, sehingga setelah anaknya berangkat sekolah mereka merasa tidak memliki tanggung-jawab dan tidak menuntut dirinya untuk menjadi seorang maha guru.

sebuah istilah arab mengatakan bahwa metode lebih baik dari isi materi ” Ath thoriqotu ahammu minal madah“. cara penyampaian yang baik dan sesuai dengan objek lebih utamadari isinya karena keberhasilan pesan yang akan disampaikan tergantung dari cara menyampaikannya.

metode pendidikan di tengah keluarga 1
metode pendidikan di tengah keluarga 1

metode pendidikan di tengah keluarga  dapat menjadi sebuah cara untuk mempermudah orang tua dalam melaksanakan pendidikan di rumah, dan masih banyak metode pendidian anak yang diajarkan rasululllah shallahu alaihi wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *