Pendidikan Karakter

Posted on

Pendidikan karakter adalah benteng terkuat untuk melawan kehancuran baik bagi individu maupun bagi masyarakat luas. Sebuah bangsa yang akan hancur bisa dideteksi dari kualitas moralnya. Ada 10 tanda kehancuran suatu bangsa  menurut Thomas Lickona, seorang profesor pendidikan dari cortland university yang menulis buku tentang pendidikan karakter adalah sebuah upaya yang disengaja untuk mengembangkan kebajikan.

10 tanda itu adalah: (1) meningkatnya kekerasan di kalangan remaja, (2) penggunaan bahasa dan kata-kata yang memburuk, (3) pengaruh peer grup yang kuat dalam tindak kekerasan, (4) meningkatnya perilaku merusak diri, seperti penggunaan alkohol, narkoba, dan sex bebas, (5)semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk, (6) menurunnya etos kerja, (7) semakin rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, (8) rendahnya rasa tanggung jawab individu dan warga negara, (9)membudayanya ketidak jujuran, (10) adanya rasa saling curiga dan kebencian diantara sesama.

pendidikan karakter1
pendidikan karakter1

JIka menilik ke 10 tanda di atas,

pendidikan karakter

diatas akan tercapai bila pendidikan tersebut berlandaskan al quran dan al hadits. Hampir semua tanda tanda itu bisa diatasi dengan pendidikan adab dan ahlak dalam islam.

dapatkan buku buku tentang adab dan ahlak sebagai dasar pendidikan karakter dalam keluarga di toko buku alhakim.

pendidikan karakter
pendidikan karakter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *