Penugasan Membentuk Karakter Bertanggung Jawab

Posted on

Ketika saya kecil, ibu saya memberikan beberapa penugasan kepada saya. pada waktu itu sangat terasa berat, tapi hasilnya sekarang saya bisa merasakan nikmatnya. Penugasan membentuk Karakter bertanggung jawab pada diri saya. Penugasan yang diberikan ibu saya membuat saya senang untuk melakukan sesuatu yang diperintahkan dan berusaha untuk diselesaikan dengan baik, walau masih terselip keluhan dan keputusasaan.

Orang tua memberikan tugas-tugas khusus selain disamping kewajiban sehari-harinya seperti merapihkan tempat tidur. Merapihkan tempat tidur merupakan kewajiban seoarang anak, karena yang  akan merasakan manfaat kerapihan tempat tidur tersebut adalah anak tersebut.

 

penugasan membentuk karakter bertanggung jawab
penugasan membentuk karakter bertanggung jawab

Penugasan membentuk Karakter bertanggung jawab

penugasan membentuk karakter bertanggung jawab3
penugasan membentuk karakter bertanggung jawab3

penugasan yang dimaksud adalah pemberian pekerjaan yang manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang di rumah. penugasan tersebut bisa seperti mencuci piring, menyiram halaman menyapu lantai dan lain-lain. Tugas-tugas tersebut dibebankan kepada si anak agar mereka mau dan mampu berbuat untuk orang lain.

Memberikan tugas rumah pada anak sejak dini membantu mereka menumbuhkan rasa tanggung jawab. dengan diberi tugas khusus di rumah, orangtua melatih anak untuk dapat mengemban amanah. pada awalnya anak mungkin akan terasa berat, namun lama kelamaan seiring dengan pembiasaan dan terbentuknya sebuahhabit maka anak akan terbiasa melakukannya dengan ringan dan senang hati. adapula anak anak yang mencari cari alasan untuk tidak melakukan tugas tersebut atau selau menghindar dari tugas tersebut, itu semua adalah naluri manusia.

Orangtua bisa berperan sebagai supervisor, ketika anaknya tidak melakukan tugasnya maka supervisor berhak untuk bertanya. nah, proses dialog yang dilakukan ini bisa sambil dilakukan penanaman nilai dan akhlak, terutama nilai kejujuran dan keberanian untuk menyampaikan yang sesuai dengan perasaannya. bisa juga dialog tersebut menjadi sebuah media pertanggungjawaban dimana diddalamnya bisa diterapkan sangsi dan penghargaan.

Seperti halnya Nabi kita Nabi Muhammad, beliau yang berumur 10 ntahun dan ikut tinggal di rumah pamannya ( Abu Tholib) sudah memiliki tugas menggembala kambing. dan pada saat berusia 12 tahun sudah ikut berdagang dengan para kafilah menuju syam. Perjalanan ke Syam tidaklah mudah untuk seorang anak berusia 12 tahun.

Penugasan membentuk Karakter bertanggung jawab 4
Penugasan membentuk Karakter bertanggung jawab 4

terkadang ada sebagian  orang tua yang memberikan tugas kepada anaknya, mereka beranggapan bahwa tugas anak di rumah hanyalah mengulang pelajaran atau hanya mengejakan PR saja.

Membebas tugas kan anak dari pekerjaan rumah tangga, secara tidak langsung menddik anak untuk menjadi pribadi yang angkuh. mereka merasa seperti menjadi seseorang yang mempunyai kedudukan yang tinggi. saat kecil sudahmenjadi raja, kelak dewasa nanti menjadi maha raja. dan mereka akan menyelesaikan pekerjaan dengan menunjuk jari.

Orang tua harus mengesampingkan perasaan tidak tega.  Anak akan tumbuh  besar maka harus dididik dengan benar. Memberi tugas merupakan bagian dari mempersiapkan masa depan. meski berat untuk diterapkan, Tapi hasilnya akan sangat memuaskan.

Penugasan  membentuk Karakter bertanggung jawab, anak yang tidak dididik dengan penugasan akan membentuk pribadi malas pada diri anak. tanpa latihan bekerja sejak kecil, sangat sulitmengharapkan kinerja yang baik dalam diri anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *