Cara Efektif Mengembangkan Pemikiran Anak

Posted on

Menceritakan kisah-kisah adalah salah satu cara efektif mengembangkan pemikiran anak dalam membangun kesadaran dan intelektual anak. Banyak sekali kisah-kisah nabi yang diceritakan rasulullah kepada sahabat, bahkan anak-anak  juga ikut mendengarkan ketika nabi bercerita tentang suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau agar menjadi peringatan bagi yang mendengarkannya hingga hari kiamat.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah kisah-kisah tersebut harus berdasar realitas, kisah nyata yang membuat anak terhadap sejarah dan mendorong anak untuk tetap semangat kepada mereka, sekaligus membina kesadaran keislaman mereka.

menceritakan kisah
menceritakan kisah

cara efektif mengembangkan pemikiran anak

Tidak berlebihan jika seorang salaf berkata,” kisah adalah salah satu tentara Allah yangmampu meneguhkan orang-orang yang dikasihinya.”  makna ini telah dinyatakan dalam firman Allah.

وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ ۚ وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ

وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

 

Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman. (Hud: 120)

Imam Abu Hanifah berkata, ” kisah-kisah tentang ulama dan kebaikan-kebaikan mereka lebih saya sukai daripada fiqih karena itu merupakan adabnya kaum.

dasarnya adalah firman Allah

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.

berdasarkan janji Allah, terbukti bahwa kisah mampu menjadi salah satu cara efektif mengembangkan pemikiran anak

12

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *