Hadiah atas keberhasilan dan hukuman bagi kesalahan

Posted on

Anak adalah manusia yang sedang berproses menuju dewasa. Dalam proses tersebut kadang mereka melakukan kesalahan. Orang tua harus tanggap dalam menanggapi kesalahan tersebut, terkadang jika penanganannya salah, suatu saat bisa menjadi sebuah bumerang. orang tua harus adil dalam menyikapi kesalahan, jangan sampai kesalahan selalu ditanggapi namun keberhasilannya tidak pernah di apresiasi, orang tua perlu memberikan hadiah atas keberhasilan dan hukuman bagi kesalahan.

hadiah atas keberhasilan dan hukuman bagi kesalahan
hadiah atas keberhasilan dan hukuman bagi kesalahan

Kesalahan sekecil apapun harus mendapatkan teguran, orang tua berkewajiban untuk mengerem kesalahan anak tersebut, dan bila mengulanginya kembali maka orang tua harus menyiapkan sangsinya dan tujuannya hanya membuatnya jera. orang tua berhak untuk memarahi,  sehingga anak  paham betul kenapa ia tidak boleh melakukannya kembali.

Banyak sangsi yang bisa diberikan kepada anakbila tidak bisa disiplin, islam mengajari untuk memukul anak yang tidak mau melakukan shalat pada usia 10 tahun, tentunya pukulannya tidak seperti kepada musuh ketika perang atau kepada maling yang tertangkap. memukulnya pun ada caranya dan sekedar untuk mengingatkan agar anak jera dan tidak mengulanginya kembali.

Namun menghukum anak terus menerus pun bisa berdampak buruk. anak yang dihukum terus menerus akan menjadi pribadi yang tertekan. Orang tua harus bijak dalam menghadapi permasalahan anak.

Selain memberi hukuman terhadap kesalahan, orang tuapun harus  menyiapkan hadiah. hadiah tidak selalu dalam bentuk barang, dapat berupa pujian. Apresiasi dari orang tua terhadap kebaikan yang anak lakukan dapat menambah kepercayaan diri anak, sehingga anak selalu termotivasi dalam melakukan kebaikan.

hadiah atas keberhasilan dan hukuman bagi kesalahan

Memberikan hukuman atau memberikan hadiah yang ditujukan kepada mendidik anak haruslah berpedoman untuk kemaslahatan. orang tua harus paham kapan ketika hukuman akan menjadikan keburukan anak bertambah dan kapan hadiah akan melenakan anak.

terlepas dari itu semua, orang tua memilki peran besar dalam menyiapkan anaknya di masa depan, seoarang anak dapat dibentuk menjadi apa saja oleh orang tuanya.

مَا مِنْ مَوُلُودٍ إِلاَّ يُوْلَدُ عَلىَ الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ

Rasululullah SAW bersabda, setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan ftrah, kedua orang tuanyalah yangmembuatnya menjadi seorang yahudi, nasrani, dan majusi.

hadiah atas keberhasilan dan hukuman bagi kesalahan1
hadiah atas keberhasilan dan hukuman bagi kesalahan1

Allah menciptakan  manusia dengan bekal kalbu dan nafsu, kalbu menuntun manusia ke jalan yangbenar sedangkan nafsu dapat menuntun ke jalan yang salah. kedua potensi tersebut selalu ada dalam diri manusia. hadiah atas keberhasilan dan hukuman bagi kesalahan, merupakan salah satu cara untuk membentuk anak manusia selalu menjalankan kehidupan sesuai tuntunan Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *